Asal Usul Game Legend of Zelda - Navigasi Game
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Usul Game Legend of Zelda

Navigasi Game - Legend of Zelda adalah salah satu seri permainan video yang paling terkenal dan dihormati dalam industri game.



Dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Nintendo, seri ini telah menginspirasi jutaan penggemar di seluruh dunia sejak perilisannya pada tahun 1986. Dengan cerita yang mendalam, gameplay yang inovatif, dan dunia yang luas untuk dieksplorasi ( open world ), Legend of Zelda telah membangun warisan yang tak tergoyahkan dalam sejarah game.

Kisah Legenda dimulai dengan seorang desainer game dan sutradara Jepang bernama Shigeru Miyamoto. Dalam perjalanan pulang dari pekerjaannya, ia melewati hutan di mana ia sering menjelajahi saat masih kecil. Pengalaman ini memberinya inspirasi untuk menciptakan permainan petualangan yang akan menghidupkan kembali keajaiban dan kegembiraan eksplorasi yang ia rasakan sebagai seorang anak.



Pada tahun 1985, Miyamoto memulai pengembangan game baru untuk konsol NES (Nintendo Entertainment System). Dia ingin menciptakan sebuah permainan yang menggabungkan elemen petualangan, teka-teki, dan pertarungan dengan karakter yang kuat dan dunia yang terbuka. Dalam upayanya ini, dia bekerja sama dengan sejumlah anggota tim pengembangan yang berbakat di Nintendo, termasuk desainer grafis, penulis, dan komposer musik.

Pada akhirnya, game tersebut dinamai Legend of Zelda, mengambil nama dari tokoh utama dalam cerita, seorang putri bernama Zelda. Miyamoto terinspirasi oleh novel F. Scott Fitzgerald, "The Great Gatsby", di mana karakter utama wanita dinamai Zelda. Miyamoto merasa bahwa nama itu cocok untuk game barunya karena terdengar eksotis dan misterius.

Legend of Zelda dirilis pada bulan Februari 1986 di Jepang dan mendapatkan kesuksesan yang cukup besar. Gameplay-nya yang menarik dan mekanik inovatif, seperti peta dunia yang terbuka dan pemecahan teka-teki, membuat game ini sangat diminati oleh para pemain. Kritikus memuji desain visual yang indah, musik yang memukau, dan kecerdasan artistik yang mengalir di setiap sudut dunia permainan.

Kesuksesan awal Legend of Zelda membuka jalan bagi seri lanjutan dan sekuel yang dianggap sebagai masterpieces dalam dunia game. Game-game seperti "The Legend of Zelda: A Link to the Past", "The Legend of Zelda: Ocarina of Time", dan "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" terus memperluas dan memperdalam alam semesta Zelda dengan cerita yang menarik dan gameplay yang inovatif.

Pengaruh Legend of Zelda terlihat dalam dunia game modern


Dalam setiap rilis baru, penggemar berharap untuk menjelajahi dunia yang luas, menyelesaikan teka-teki yang rumit, dan melibatkan diri dalam petualangan epik dengan karakter yang mereka cintai. Seri ini telah mengilhami banyak pengembang game lainnya untuk mengembangkan game open world.

Legend of Zelda adalah salah satu seri permainan video yang ikonik dan mempengaruhi dunia game modern dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa pengaruh yang terlihat dari Legend of Zelda dalam dunia game saat ini:

1. Dunia Terbuka (Open World): Legend of Zelda, terutama seri The Legend of Zelda: Breath of the Wild yang dirilis pada tahun 2017, memperkenalkan pendekatan dunia terbuka yang inovatif. Permainan ini memberikan kebebasan eksplorasi yang luas bagi pemain, dengan peta yang besar dan beragam. Pengaruh ini terlihat dalam banyak permainan modern seperti Assassin's Creed Odyssey, Red Dead Redemption 2, dan Ghost of Tsushima, yang semuanya memiliki dunia terbuka yang luas dan eksplorasi yang bebas.

2. Puzzles dan Dungeon: Legend of Zelda terkenal dengan teka-teki yang cerdas dan menantang, serta dungeon yang kompleks. Pengaruh ini terlihat dalam banyak permainan modern yang mengadopsi elemen-elemen tersebut, seperti seri Dark Souls yang menawarkan tantangan dan puzle yang sulit, serta permainan indie populer seperti Hollow Knight dan Dead Cells yang menampilkan dungeon yang rumit dan teka-teki yang menantang.

3. Mekanika Waktu: Salah satu entri terkenal dalam seri Legend of Zelda adalah The Legend of Zelda: Ocarina of Time, yang memperkenalkan penggunaan ocarina untuk mengendalikan waktu. Pengaruh mekanika waktu ini terlihat dalam berbagai permainan modern seperti Life is Strange, Quantum Break, dan Dishonored 2, yang menggabungkan elemen perjalanan waktu dalam narasi dan mekanika permainan.

4. Musik yang Ikonik: Musik dalam Legend of Zelda telah menjadi sangat ikonik, dengan melodi tema yang dikenal di seluruh dunia. Pengaruh ini terlihat dalam banyak permainan modern yang menyajikan musik yang sangat mengesankan dan diingat, seperti seri God of War dan Ori and the Blind Forest, yang memiliki komposisi musik yang luar biasa dan mendukung pengalaman permainan dengan kuat.

5. Pengaruh Estetika: Legend of Zelda juga memiliki pengaruh besar dalam hal estetika visual. Desain karakter dan dunia dalam seri ini sering kali menjadi inspirasi bagi banyak permainan modern, termasuk permainan indie seperti Hyper Light Drifter dan CrossCode, yang mengambil inspirasi dari gaya seni Zelda dan menghadirkannya dalam pengalaman mereka sendiri.

Itulah beberapa pengaruh Legend of Zelda yang terlihat dalam dunia game modern. Seri ini telah mengilhami banyak pengembang dan membentuk beberapa elemen inti dalam permainan saat ini.

Posting Komentar untuk "Asal Usul Game Legend of Zelda "

close