Sejarah Manga Di jepang yang Jarang di ketahui - Navigasi Game
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Manga Di jepang yang Jarang di ketahui

Navigasi Game - Manga merupakan salah satu jenis karya seni populer yang berasal dari Jepang. Sejak dikenal secara internasional pada tahun 1950-an, manga telah menjadi bagian integral dari budaya populer Jepang dan populer di seluruh dunia.



Namun, sebelum menjadi fenomena global, manga memiliki sejarah panjang di Jepang.

Awal Mula Sejarah Manga di Jepang


Asal usul manga dapat ditelusuri kembali ke zaman Edo (1603-1867), di mana gambar-gambar bertema humor dan erotika yang disebut "Kibyoshi" menjadi populer. Pada abad ke-19, teknologi cetak modern diperkenalkan ke Jepang, memungkinkan manga menjadi lebih mudah diproduksi dan didistribusikan secara massal. Pada saat itu, manga disebut "ponchi-e" atau "manga-e" dan terdiri dari gambar-gambar bergambar serial dalam format komik.

Pada awal abad ke-20, terjadi peningkatan popularitas manga di kalangan anak-anak dan remaja Jepang. Pada saat itu, manga seringkali berisi cerita petualangan dan fantasi, serta karakter kartun yang lucu dan menarik. Pada tahun 1930-an, seorang seniman manga terkenal bernama Osamu Tezuka memperkenalkan gaya yang dikenal sebagai "manga modern" yang menambahkan elemen naratif yang lebih kuat ke dalam manga.

Perkembangan Manga Modern


Pada tahun 1950-an, manga modern mulai mendapatkan popularitas di Jepang dan dikenal di seluruh dunia. Beberapa manga yang terkenal saat itu adalah "Astro Boy" karya Osamu Tezuka dan "Golgo 13" karya Takao Saito. Pada tahun 1960-an, manga semakin populer di kalangan remaja dan dewasa, dan genre seperti "shonen" (untuk anak laki-laki) dan "shoujo" (untuk anak perempuan) mulai berkembang.

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, manga semakin populer di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Beberapa manga yang terkenal pada periode ini adalah "Dragon Ball" karya Akira Toriyama dan "Lupin III" karya Monkey Punch. Pada saat ini, manga juga mulai menjadi dasar untuk seri anime, atau film animasi Jepang.

Manga Modern di Era Digital


Sejak tahun 1990-an, manga semakin mudah diakses melalui internet dan teknologi digital. Situs web manga, seperti Shonen Jump dan Manga Plus, memungkinkan pembaca untuk membaca manga secara online. Sejak tahun 2000-an, manga juga mulai tersedia dalam format digital, sehingga dapat dibaca di tablet dan smartphone.

Dalam beberapa dekade terakhir, manga telah menjadi fenomena global yang populer. Beberapa manga terkenal saat ini di antaranya "One Piece" karya Eiichiro Oda dan "Naruto" karya Masashi Kishimoto. Manga juga telah diadaptasi menjadi film live-action dan animasi, termasuk film "Death Note" dan serial anime "Attack on Titan".

Mangaka Paling berpengaruh di dunia


Dalam sejarah manga, ada beberapa mangaka yang dianggap paling berpengaruh di dunia karena kontribusi mereka dalam mengembangkan manga dan memperluas pengaruhnya ke seluruh dunia. Berikut adalah beberapa mangaka paling berpengaruh di dunia:

Osamu Tezuka


Osamu Tezuka dijuluki sebagai "Bapak Manga" karena kontribusinya dalam mengembangkan manga modern. Dia menciptakan karakter Astro Boy yang menjadi sangat populer di seluruh dunia. Selain itu, dia juga mengadaptasi karya sastra klasik seperti "The Three Musketeers" dan "Journey to the West" menjadi manga. Tezuka adalah salah satu pionir dalam menggunakan teknik visual naratif dalam manga.

Akira Toriyama


Akira Toriyama adalah pencipta manga "Dragon Ball" yang menjadi fenomena global. Manga ini telah diadaptasi menjadi anime, film, dan game video yang sangat populer. Toriyama juga dikenal karena gaya gambar kartunnya yang khas dan kecenderungannya untuk menggabungkan elemen humor dan aksi dalam karyanya.

Naoko Takeuchi


Naoko Takeuchi adalah pencipta manga "Sailor Moon" yang sangat populer di seluruh dunia. Manga ini dikenal karena menampilkan karakter perempuan yang kuat dan mempromosikan nilai-nilai seperti persahabatan dan cinta. Sailor Moon juga menjadi salah satu seri anime paling ikonik dari tahun 1990-an.

Rumiko Takahashi


Rumiko Takahashi dikenal sebagai pencipta manga yang produktif dan populer. Dia menciptakan beberapa seri manga terkenal seperti "Ranma 1/2" dan "Inuyasha". Karyanya memiliki gabungan unsur fantasi, komedi, dan romansa yang unik dan menjadi ciri khas karyanya.

Masashi Kishimoto


Masashi Kishimoto adalah pencipta manga "Naruto" yang menjadi salah satu seri manga dan anime terpopuler di seluruh dunia. Manga ini dikenal karena menggabungkan unsur-unsur budaya ninja Jepang dengan elemen cerita yang kuat tentang persahabatan, keberanian, dan tekad.

Kesimpulan


Tentu saja, daftar ini tidak lengkap dan masih banyak mangaka lainnya yang berpengaruh dalam dunia manga dan populer di seluruh dunia. Namun, keberadaan mereka dalam sejarah manga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan manga sebagai salah satu karya seni populer yang dihargai di seluruh dunia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Manga Di jepang yang Jarang di ketahui"

close