Sejarah Manhwa Hingga Sampai Populer Sekarang - Navigasi Game
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Manhwa Hingga Sampai Populer Sekarang

Navigasi Game - Manhwa adalah istilah yang merujuk pada komik Korea Selatan. Seperti halnya manga dari Jepang dan komik Amerika, manhwa merupakan bentuk hiburan yang sangat populer di Korea Selatan dan juga dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Sejarah Manhwa Hingga Sampai Populer Sekarang
Sejarah Manhwa Hingga Sampai Populer Sekarang


Di bawah ini, kita akan melihat sejarah manhwa dan bagaimana genre ini berkembang dari waktu ke waktu.

Sejarah Manhwa


Manhwa pertama kali muncul pada awal abad ke-20 di Korea Selatan. Komik ini awalnya diterbitkan di surat kabar dan majalah sebagai satu halaman cerita berseri yang dikenal sebagai "ilhwa" atau "hwa-sool." Pada tahun 1910-an, manhwa mulai menjadi media yang terpisah dari surat kabar dan majalah dan mulai diterbitkan dalam bentuk buku kecil yang dikenal sebagai "manhwa-bon." Sejak itu, manhwa berkembang dengan pesat dan menjadi bagian penting dari industri hiburan Korea Selatan.

Pada tahun 1930-an, manhwa mulai beralih ke genre yang lebih beragam, mulai dari cerita petualangan hingga roman. Pada saat itu, manhwa digambarkan secara tradisional dan sangat dipengaruhi oleh seni lukis tradisional Korea Selatan.

Selama era pascaperang, manhwa terus berkembang dan mengalami banyak perubahan. Manhwa mulai berfokus pada cerita romantis dan melodramatis, sering kali dengan tema-tema sosial dan politik yang kompleks. Manhwa yang terkenal pada saat itu antara lain "The Soil" karya Kim Dong-hwa dan "The Shower" karya Huh Young-man.

Pada tahun 1970-an, manhwa mulai mengalami perubahan besar. Seniman manhwa mulai menggunakan teknik lukisan yang lebih modern dan mulai menciptakan karya-karya dengan berbagai genre, seperti fantasi, horor, dan fiksi ilmiah. Pada saat yang sama, manhwa juga mulai beralih dari cerita berseri menjadi cerita satu kali terbit, memungkinkan seniman untuk menciptakan cerita yang lebih kompleks dan panjang.

Pada tahun 1990-an, manhwa mengalami ledakan popularitas. Banyak karya manhwa yang diadaptasi menjadi film dan drama televisi, seperti "Winter Sonata" dan "Full House." Sejak saat itu, manhwa terus menjadi media yang sangat populer di Korea Selatan dan juga menarik perhatian di luar negeri.

Manhwa Terpopuler di Dunia


Manhwa, atau komik Korea Selatan, telah menjadi media yang sangat populer di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Seperti halnya manga dan komik Amerika, manhwa memiliki banyak penggemar yang menikmati kisah-kisah yang menarik dan beragam. Di bawah ini, kita akan melihat beberapa manhwa terpopuler di dunia.

"Tower of God" (신의 탑) karya SIU


"Tower of God" adalah manhwa fantasi yang sangat populer. Cerita ini mengikuti petualangan seorang anak lelaki bernama Baam yang mencoba memasuki menara misterius yang disebut "Tower of God" untuk menemukan teman dekatnya, Rachel. Manhwa ini terkenal karena plotnya yang kompleks dan cerita yang mendalam, serta karakter-karakter yang kuat dan kompleks.

"Solo Leveling" (나 혼자만 레벨업) karya Chugong


"Solo Leveling" adalah manhwa fiksi ilmiah yang sangat populer. Cerita ini mengikuti seorang pemuda bernama Sung Jin-Woo yang terjebak dalam sebuah game virtual. Namun, ketika pintu ke dunia game terbuka, Sung Jin-Woo harus berjuang untuk bertahan hidup dan naik level untuk keluar dari dunia itu. Manhwa ini terkenal karena animasinya yang keren dan cerita yang mengasyikkan.

"The Breaker" (브레이커) karya Jeon Geuk-jin dan Park Jin-hwan


"The Breaker" adalah manhwa aksi yang sangat populer. Cerita ini mengikuti murid sekolah menengah yang lemah bernama Shi-Woon Yi yang berubah menjadi seorang pejuang yang kuat setelah bertemu dengan guru bela dirinya. Manhwa ini terkenal karena aksi yang intens dan karakter-karakter yang kuat.

"Noblesse" (노블레스) karya Son Jeho dan Lee Kwangsu


"Noblesse" adalah manhwa fantasi yang sangat populer. Cerita ini mengikuti seorang vampir bernama Cadis Etrama Di Raizel atau disingkat sebagai Rai, yang terbangun dari tidur panjangnya untuk menemukan dunia yang sangat berbeda dari yang dia ingat. Rai kemudian berteman dengan beberapa orang dan berjuang untuk melindungi mereka dari musuh-musuhnya. Manhwa ini terkenal karena karakter-karakter yang menarik dan aksi yang seru.

"True Beauty" (여신강림) karya Yaongyi


"True Beauty" adalah manhwa romantis yang sangat populer. Cerita ini mengikuti seorang gadis bernama Lim Ju-Kyung yang memutuskan untuk mengubah penampilannya dengan menggunakan riasan dan menjadi populer di sekolah barunya. Namun, dia harus berurusan dengan masalah-masalah kompleks ketika dia jatuh cinta pada seorang cowok bernama Lee Su-Ho. Manhwa ini terkenal karena cerita yang romantis dan karakter-karakter yang kuat.

Kesimpulan


Manhwa telah menjadi bagian penting dari industri hiburan Korea Selatan selama lebih dari 100 tahun. Dari cerita berseri yang dipublikasikan di surat kabar hingga karya modern dengan berbagai genre, manhwa telah mengalami banyak perubahan dan berkembang seiring waktu. Saat ini, manhwa terus menjadi media yang sangat populer dan dihargai di seluruh dunia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Manhwa Hingga Sampai Populer Sekarang"

close