Minecraft : Spec PC System Requirements - Navigasi Game -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minecraft : Spec PC System Requirements

Navigasi Game - Minecraft adalah permainan Sandbox yang dibuat oleh pengembang asal Swedia Markus Persson, dirilis oleh Mojang Studios pada tahun 2009, rilis penuh pada tahun 2011 dan dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014. Ini adalah permainan video terlaris sepanjang masa, yang terjual lebih dari 200 juta di platform java dan sebanyak 400 juta unduhan di platform Minecraft China pada tahun 2020, dengan lebih dari 100 juta pemain aktif bulanan.

Di Minecraft, pemain menjelajahi dunia 3D kotak-kotak, pixel, dengan bioma Minecraft yang beragam, Mulai dari Forest, Jungle, Plains, Nether, Crimson Forest, Warped Forest, Soul Sand Valley, The End, dan lain lain. yang dihasilkan secara prosedural, dan dapat menemukan dan membuat dari bahan baku, alat kerajinan, membangun struktur atau pekerjaan tanah, tergantung pada mode permainan, dapat melawan musuh yang dikendalikan oleh kode komputer, serta baik bekerja sama atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. Mode ini termasuk mode bertahan hidup, di mana pemain harus mendapatkan sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan, dan mode kreatif, di mana pemain memiliki sumber daya tanpa batas. Dalam Java Edition, pemain dapat memodifikasi game dengan mod untuk membuat mekanisme, item, tekstur, addons, dan aset alur permainan baru.

Minecraft diakui secara terkenal, memenangkan banyak penghargaan, dan telah digambarkan sebagai salah satu permainan video paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa. Media sosial, parodi, adaptasi, merchandise, dan konvensi MineCon tahunan memainkan peran besar dalam mempopulerkan permainan. Ini juga telah digunakan di lingkungan pendidikan, terutama di bidang sistem komputasi, karena komputer virtual dan perangkat keras telah dibangun di dalamnya. Sejumlah game spin-off juga telah dikembangkan, seperti Minecraft: Story Mode, Minecraft Earth, dan Minecraft Dungeons.

Minecraft adalah permainan sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus dan tujuan yang jelas untuk dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain. Namun, permainan ini memiliki sistem Achievement. Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, tetapi pemain dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga. Dunia permainan ini terdiri dwek kasar 3 Dimensional (Kubus dan cairan) yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air.

Dunia permainan ini dihasilkan secara prosedural dengan map seed yang didapat secara otomatis dari waktu pada sistem (komputer) atau secara manual dimasukkan oleh pemain.

Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, disebut chunk yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 1 x 1 x 1 blok.

Pemain baru akan bertemu berbagai karakter tanpa pemain (NPC) yang dikenal dengan sebutan mobs, seperti hewan, penduduk desa (villagers), dan hostile mobs. Passive mobs[22] (seperti domba, sapi, ayam, babi, dan kelinci) dapat diburu untuk mendapatkan makanan atau bahan crafting. Mereka muncul pada siang hari, sementara hostile mobs atau mobs berbahaya (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creeper, Enderman, dan Slime) muncul pada malam hari. Beberapa hostile mobs seperti Zombie, dan Skeleton akan terbakar di bawah cahaya matahari. Beberapa mob juga memiliki kemampuan unik seperti Creeper (mob yang dapat meledak) dan Enderman (mob yang dapat teleportasi dan membawa blok).

Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama adalah Overworld, di mana pemain mulai berpetualang dan bertahan hidup pada awalnya. Kedua adalah Nether, neraka versi Minecraft, sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat di mana Ender Dragon berada. Setelah mengalahkan Ender Dragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke End City yaitu tempat tumbuhnya tanaman chorus dan End Ship tempat di mana player mendapatkan Elytra atau semacam sayap yang bisa digunakan player untuk terbang.

Minecraft memiliki lima mode permainan dalam versi Java: Survival, Creative, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton atau Spectator. Dan tiga mode permainan dalam versi Bedrock: Survival, Creative, dan Adventure. Minecraft juga memiliki 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan yaitu Peaceful, Easy, Normal, dan Hard.

Permainan ini dapat dimainkan di beberapa sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Bagian dari Minecraft: Java Edition dan Minecraft for Windows 10, ada versi lain Minecraft untuk PC, termasuk Minecraft Classic, Minecraft 4K, dan Minecraft: Education Edition.

Minecraft Classic adalah versi lama dari Minecraft yang pertama kali saat tersedia online dan dapat dimainkan melalui peluncur gim. Tidak seperti versi Minecraft yang lebih baru, versi Classic gratis untuk dimainkan, meskipun tidak lagi diperbarui. Fungsinya hampir sama dengan mode kreatif, memungkinkan pemain untuk membangun dan menghancurkan setiap dan semua bagian dunia baik sendirian atau di server multipemain. Tidak ada makhluk komputer dalam mode ini, dan bahaya lingkungan seperti lava tidak merusak pemain. Beberapa fungsi blok berbeda karena perilaku mereka kemudian berubah selama pengembangan.

Minecraft sangking populernya sampai di rilis untuk hampir semua konsol seperti Windows , macOS  , Linux , Android , iOS, Xbox 360 , Raspberry Pi Windows Phone , PlayStation 3 , Fire OS, PlayStation 4 , Xbox One , PlayStation Vita, Universal Windows Platform Wii U tvOS Nintendo Switch New Nintendo 3DS
 
Untuk lebih jelasnya kalian dapat lihat video Minecraft di bawah ini :



Selain itu jika kalian penasaran untuk memainkan game Minecraft kalian dapat melihat spek komputer maupun laptop kalian sebagai berikut :

Spesifikasi PC Minimum Untuk Game  Minecraft 

Direkomendasikan untuk PC dan laptop kalian mempunyai spek perangkat komputer seperti pada tabel di bawah agar dapat lancar memainkan game  Minecraft  pada perangkat komputer kalian.


NameSpesifikasi PC minimal
Prossecor Intel Core i3-3210 atau Setara bahkan yang lebih tinggi makin bagus
OS Windows 10 ( 64 bit )
Memory
 ( RAM )
2 GB
Graphics CardIntel HD 4000 atau Setara
DirectXVersion 11
Storage4 GB

Spesifikasi PC Direkomendasikan Untuk Game  Minecraft 

Direkomendasikan untuk PC dan laptop kalian mempunyai spek perangkat komputer seperti pada tabel di bawah agar dapat lancar memainkan game Minecraft  pada perangkat komputer kalian.


NameSpesifikasi PC recommended
Prossecor Intel Core i5-4690 atau lebih tinggi
OS Windows 10 ( 64 Bit )
Memory
 ( RAM )
16 GB
GraphicsAMD Radeon R7 360 atau lebih tinggi Memori Grafis
DirectXVersion 12
Storage2 GB

Itulah mengenai game  Minecraft  semoga bermanfaat untuk kalian dan terima kasih telah berkunjung pada blog kita.